Piet Klinik Hewan 24 Jam - (http://pietklinik.com)

30 Desember 2010 - 20:20
Cherry Eye
Sesmita Oktora, drh

 

Cherry eye adalah istilah untuk pembengkakan kelenjar air mata atau nictitating membrane prolapses. Prolapsus kelenjar air mata akan menyebabkan iritasi dan infeksi. Kelenjar yang keluar akan berwarna merah dan semakin besar ( bengkak ). Penyebabnya karena kelemahan pada jaringan penghubung disekitar kelanjar air mata. Umumnya terjadi pada anak anjing. Jenis anjing yang umum mengalami cherry eye adalah Bulldog, Chihuahua, Cocker Spaniel, Beagle, Pekingese, Neapolitan Mastiff, dan Basset Hound.

 

Diagnosa cheery eye sering di campur adukkan dengan tumor, untuk itu apabila anda melihat kejadian ini pada anak anjing anda segeralah bawa ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

 

Terapi pada kasus cherry eye adalah dengan operasi. Biasanya operasi akan berjalan dengan cepat dan lancar apabila pembengkakan yang terjadi tidak terlalu besar. Hewan harus dalam kondisi terbius total. Jika operasi yang dilakukan adalah membuang kelenjar airmata tersebut maka resikonya mata akan menjadi kering. Diperlukan tetes mata atau salep mata sebagai pelumas pengganti air mata.

Apabila dilakukan tehnik yang lebih baru dan sedikit lebih rumit dengan reposisi dari kelenjar airmata  tersbut, kelenjar masih bisa berfungsi normal. dan ada kemungkinan walaupun kecil bisa terjadi kembali

 

 

[Piet Klinik Hewan 24 Jam]

Kembali